Berita

    Banyak yang Tidak Tahu, Ini Dia Fungsi Lain Grill Mobil.

    Banyak orang mengira bahwa penampilan mobil hanya dilihat dari bentuk secara keseluruhan dan warnanya saja. Padahal, grill mobil menjadi salah satu faktor mobil terlihat lebih menarik.

    Pernahkah Anda memperhatikan grill pada setiap mobil? Letaknya yang berada di depan mobil tentunya membuat penampilan mobil menjadi lebih futuristik dan menarik perhatian. Selain memperindah penampilan mobil, apa saja fungsi lain dari grill pada mobil? Simak penjelasan berikut ini.

    3 Fungsi Utama Grill Mobil

    Bentuknya memang terlihat hanya sebagai pemanis mobil, namun siapa sangka komponen ini memiliki fungsi dan kegunaannya.

    Berikut 3 fungsi grill mobil yang harus Anda ketahui.

            1. Sirkulasi Udara

    Fungsi yang pertama ini adalah sebagai saluran untuk sirkulasi udara pada mesin mobil. Seperti yang telah kita ketahui, temperatur pada mesin mobil berada pada suhu yang cukup tinggi.

    Di sinilah grill pada mobil menjalankan fungsinya yaitu menjaga kestabilan suhu mesin mobil dan mencegah terjadinya overheat. Udara pada mesin dapat keluar masuk secara lancar dengan adanya komponen grill ini.

    Sistem kerja radiator juga terbantu dengan adanya grill ini. Kisi-kisi pada grill didesain agar udara dapat melakukan pertukaran dengan mudah. Sehingga, mesin mobil pun dapat bekerja secara maksimal selama digunakan.

            2. Estetika Mobil

    Mobil memiliki desain yang terus berinovasi dari masa ke masa. Desain pada grill mobil pun turut mengikuti desain mobil tertentu sehingga berbeda-beda. Beberapa desain grill dapat terlihat klasik hingga futuristik.

    Pabrik mobil berupaya untuk menciptakan desain grill yang memiliki ciri khas di setiap perbedaannya. Jika biasanya grill berbentuk memanjang vertikal, saat ini terdapat grill berbentuk horizontal.

            3. Memberikan Aerodinamika dan Performa

    Fungsi selanjutnya adalah mengoptimalkan aerodinamika pada mobil. Aerodinamika harus didesain secara baik yang berguna untuk meningkatkan konsistensi pada performa.

    Sadarkah Anda, saat ini mobil memiliki grill yang didesain semakin minim lubang? Tujuannya adalah untuk mengalirkan udara ke sisi bagian samping atau atas saat udara menabrak bagian depan mobil.

    Banyaknya udara yang masuk, meningkatkan risiko mobil mengalami hambatan. Hal inilah yang dapat memperburuk aerodinamis mobil.

    Rutin Membersihkan Grill pada Mobil