Berita

    Simak Fungsi Lampu Tembak Pada Mobil & Cara Penggunaanya

    Terdapat dua jenis lampu pada mobil, yakni low dan high beam. Low beam merupakan lampu dengan sinar yang menyorot ke bawah dan depan jalanan yang hendak dilewati mobil. Low beam yang biasa disebut sebagai lampu dekat sangat pas untuk penerangan.

    Dengan lampu dekat ini, Anda dapat menghindari lubang jalanan dan mengetahui adanya polisi tidur. Ada etika menggunakan lampu ini, salah satunya adalah larangan mengganti warna lampu.  Karena lampu berwarna dapat mengaburkan pandangan pengendara lain.

    Selain low beam, ada high beam atau yang biasa disebut dengan lampu tembak. Sama seperti low beam, lampu ini memiliki fungsi dan etika penggunaannya. Namun sebelum membahas kedua hal tersebut, sebaiknya Anda mengetahui pengertiannya terlebih dahulu.

    Pengertian lampu tembak

    Lampu ini sering dijuluki high beam atau lampu jauh. Ia merupakan lampu yang menyorot ke tengah dan depan jalanan yang hendak dilewati pengendara. Lampu ini hanya boleh dihidupkan pada keadaan tertentu dan tidak boleh dinyalakan secara terus-menerus.

    Hal ini disebabkan bahwa high beam dapat memproduksi sinar yang kuat, menyilaukan mata pengguna jalanan yang lain, mengganggu jarak pandang mata pada jalanan, dan mengaburkan pandangan sehingga berpotensi menyebabkan kecelakaan.

    Lampu jauh biasanya memiliki 2 bohlam. Dengan sinaran yang terang, banyak orang yang salah kaprah pada saat menggunakannya seperti menggunakannya di jalanan meskipun tidak ada urgensi.

    Urgensi menyalakan lampu jauh sebenarnya didasari oleh fungsi lampu itu sendiri. Nah, untuk mengetahui fungsinya, sebaiknya jangan lewatkan informasi di bawah ini!

    Fungsi lampu tembak mobil

    Ada beberapa fungsi dari lampu tembak pada mobil yang sebaiknya Anda ketahui, diantaranya adalah sebagai berikut.

    • Menjadi penerang di jalan gelap

    Jalanan yang gelap dapat membahayakan keselamatan Anda saat mengemudikan mobil. Maka, disinilah fungsi high beam. Anda dapat menyalakan lampu ini ketika jalanan gelap dan sepi. 

    Dengan begitu, Anda akan terhindar dari jalanan yang rusak, berlubang, parit, jurang, hingga ancaman begal. 

    • Menjadi penerang di jalan berkabut

    Ketika Anda berkendara di jalanan dengan cuaca berkabut tebal, Anda sebaiknya menggunakan lampu ini sebagai penerangan. Sebab jika hanya menggunakan low beam atau lampu dekat, Anda tidak dapat melihat jalanan dengan jelas.

    • Menjadi penanda untuk pengguna jalan lain yang akan berhenti mendadak