Berita

    Featured Image

    Ketahui Cara Sedot Bensin Mobil dengan Selang, Aman dan Mudah!

    Ada berbagai alasan kenapa seseorang harus melakukan sedot bensin mobil. Bisa karena tangki bensin harus dibersihkan, bisa pula karena tidak ada SPBU terdekat, sehingga mobil Anda harus mengambil bensin dari mobil lainnya.

    Menguras bensin untuk membersihkan tangki adalah salah satu tindakan tepat untuk merawat mesin mobil. Tindakan ini berguna untuk mencegah terjadinya kebakaran tangki dan malfungsi mesin lainnya.

    Metode tepat Sedot Bensin Mobil agar Mobil Aman

    Ada beberapa metode atau cara tepat yang bisa Anda lakukan untuk menyedot bensin dari mobil Anda. Tahapannya akan dijelaskan di bawah ini.

            1. Gunakan Mobil Sampai Bensinnya Hampir Habis

    Menguras tangki itu memang membutuhkan waktu yang lama. Tapi itu bukan hal mustahil untuk dilakukan.

    Jika memungkinkan, nyalakan mobil sampai bensin yang ada di dalam tangki habis. Anda bisa mengendarai mobil dan perkirakan jarak yang bisa ditempuh dengan bensin yang tersisa di dalam tangki. Setelah itu, parkir mobil, lalu biarkan mesinnya dingin sebelum proses pengurasan dimulai.

    Cara ini akan membantu jumlah pemompaan dan pengurasan bensin dalam tangki. Pasalnya ini akan menyisakan bensin yang sangat sedikit untuk dibuang nantinya.

    Jangan gunakan mobil jika bensin di dalamnya bukan merupakan jenis bensin yang seharusnya dipakai.

            2. Beli Sistem Penyedot Bahan Bakar

    Cara lainnya yang bisa dilakukan untuk sedot bensin mobil adalah dengan membeli alat penyedot khusus bahan bakar. Alat ini dioperasikan dengan cara manual di mana bensin dalam tangki akan terpompa dan keluar dari tangkinya.

    Alat penyedot ini banyak dijual di toko yang menjual suku cadang kendaraan. Pastikan Anda membeli alat yang berkualitas terutama yang tidak mudah terbakar. 

    Pasalnya percikan api sedikit pun akan menyebabkan kendaraan terbakar. Jadi, cermati alatnya sebelum dipakai agar tidak terjadi kecelakaan.

            3. Masukkan Selang ke Dalam Tangki Bensin

    Saat selang dimasukkan ke dalam tangki bensin, sisakan 30-60 cm dari pompanya. Ini adalah bagian tersulit saat dilakukan, sebab mobil keluaran terbaru biasanya memiliki bola protektor yang terbuat dari logam untuk mencegah bensin keluar atau bocor dari tangkinya saat terjadi kecelakaan.

    Namun, di mobil keluaran lama, proses memasukkan selang ke dalam tangki bensin seharusnya lebih mudah. Langkah sedot bensin mobil dengan menggunakan selang adalah:

    • Pilih selang yang kecil, tidak terlalu lentur dan tidak mudah terbelit.
    • Masukan paksa selang sampai ujungnya menyentuh penghalang.
    • Setelah itu, putar, dorong, dan pastikan selang mengitari bola logam yang ada di dalam tangki.
    • Jangan dipaksa jika selang tidak masuk sebab kekuatan besar hanya akan menyebabkan tangki bensin bocor.
    • Cari selang yang berukuran lebih besar, sambungkan dengan pompa bensin.
    • Sambung dengan selang yang lebih kecil.