Berita

    Ketahui Tips Menderek Mobil Mogok Yang Aman

    Mobil mogok saat di tengah jalan pasti membuat Anda panik. Ketika mesin benar-benar tidak bisa dihidupkan cara terakhir adalah menderek mobil dengan memanggil jasa derek kendaraan.  

    Anda juga bisa mencari bantuan pengendara lain, akan tetapi untuk melakukan ini Anda perlu tahu dulu bagaimana cara menderek mobil dengan aman. Sebab, cara menderek akan berbeda untuk setiap mobil. Tergantung bagaimana sistem penggerak mobil. 

    Cara Menderek Mobil 

    Ketika akan menderek kendaraan yang mogok, Anda harus tahu dulu jenis sistem penggerak roda pada mobil pribadi Anda. Supaya roda mobil yang terhubung ke sistem penggerak tidak rusak karena salah menderek. 

    Umumnya sistem penggerak mobil terbagi ke dalam empat jenis. 

    • Penggerak Roda Depan atau Front Wheel Drive (FWD)

    Di mana mesin menggerakkan roda depan. Sehingga saat akan diderek, bagian depan mobil yang harus diangkat. Kendaraan FWD  kebanyakan adalah mobil sedan dan SUV.

    • Penggerak Roda Belakang Rear Wheel Drive (RWD)

    Mobil RWD kebalikannya, sistem penggerak nya ada di roda belakang. Sehingga saat akan diderek, bagian belakang mobil yang mesti diangkat. Biasanya jenis roda ini ada  pada mobil MPV 

    • Penggerak Semua Roda All Wheel Drive (AWD)

    Untuk mobil AWD, empat rodanya terhubung ke sistem penggerak. Saat akan menderek pastikan bagian roda mana yang jadi sistem penggerak utama. Namun lebih baik mobil AWD tidak diderek, melainkan dibawa dengan truk towing (digendong). 

    Cara Menderek Kendaraan Mogok

    Menderek kendaraan yang mogok bisa dilakukan dengan tiga cara. Masing-masing menggunakan cara dan alat yang berbeda, berikut ini penjelasannya:

    • Menderek Menggunakan Tali

    Cara pertama adalah mobil ditarik menggunakan tali (towing rope). Caranya yaitu mengikatkan mobil mogok pada mobil lain menggunakan tali untuk ditarik. Cara menderek yang satu ini sangat tidak dianjurkan dan sebaiknya Anda lakukan saat kondisi darurat saja. 

    Karena teknik ini dapat menimbulkan kerusakan pada mobil yang diderek. Transmisi otomatis mobil bisa rusak dan komponen mesin lainnya pada mobil juga bisa rusak.

    • Mobil Ditarik dengan Alat