Berita

    Featured Image

    Tips dan Cara Aman Membawa Bayi di Dalam Mobil

    Berkendara menggunakan mobil bersama bayi sebaiknya dilakukan dengan cara yang tepat. Anda perlu menerapkan cara aman membawa bayi di dalam mobil agar bisa berkendara dengan nyaman sampai tujuan. 

    Tidak seperti orang dewasa, bayi membutuhkan cara-cara khusus agar bisa duduk nyaman di mobil selama berkendara. Apalagi jika Anda akan membawa bayi dalam perjalanan yang cukup lama. 

    Cara Aman Membawa Bayi di Dalam Mobil

    Bepergian bersama keluarga terutama anak-anak memang terasa sangat menyenangkan. Namun Anda juga harus memastikan bahwa keamanan berkendara terjaga dengan baik. 

    Berikut ini ada beberapa cara aman yang bisa Anda terapkan saat membawa bayi berkendara menggunakan mobil. 

    • Cek Kondisi Mobil

    Pertama-tama Anda perlu mengecek kondisi mobil terlebih dahulu. Pastikan mobil Anda dalam kondisi prima agar bisa berkendara dengan lancar sampai tujuan. Hal ini juga dilakukan demi memastikan keamanan selama berkendara. 

    Jika Anda akan menempuh perjalanan jauh, hal ini semakin penting untuk dilakukan agar si kecil merasa nyaman. Jangan sampai mobil mogok di tengah jalan karena ada kerusakan dan membuat bayi harus menunggu terlalu lama. 

    • Buat Rencana Perjalanan

    Sebaiknya siapkan rencana perjalanan jika Anda ingin membawa bayi berkendara memakai mobil. Jangan membawa bayi terlalu lama berkendara tanpa tujuan dan rencana yang jelas karena bisa membuatnya lelah lalu jadi rewel. 

    Bawalah bayi naik mobil ketika Anda punya tujuan yang jelas dan tidak perlu berputar-putar untuk waktu lama. Ini jauh lebih efektif dan tidak akan membuat bayi rewel karena terlalu lama berada di jalanan. 

    Jika Anda sudah punya tujuan, pilihlah rute yang paling tepat agar bisa lebih cepat sampai. Lebih disarankan untuk melewati rute yang bebas kemacetan dan jangan memilih jalanan dengan medan yang sulit. 

    • Gunakan Car Seat

    Saat membawa bayi berkendara dengan mobil, jangan lupa gunakan car seat. Ini merupakan aturan yang sangat penting dan harus dilakukan demi alasan keamanan bayi selama di jalan. 

    Car seat akan membantu menjaga bayi tetap di tempatnya selama mobil melaju. Car seat juga memiliki desain yang aman dan membuat bayi merasa lebih nyaman duduk di dalam mobil. 

    Pastikan untuk memilih jenis dan desain car seat yang tepat. Anda juga harus memperhatikan fitur-fiturnya dan pastikan car seat tersebut benar-benar aman. Jangan lupa, pastikan Anda memasang car seat dengan tepat demi memastikan keamanan bayi. 

    • Sediakan Perlengkapan Bayi

    Salah satu cara aman membawa bayi di dalam mobil adalah dengan menyediakan berbagai perlengkapan secara teliti. Bayi memiliki banyak perlengkapan yang tentu saja harus Anda bawa jika ingin berpergian. 

    Mulai dari popok, botol susu, selimut, camilan, dan masih banyak lagi. Tentunya kebutuhan siap bayi bisa berbeda-beda jadi pastikan Anda mempersiapkannya dengan baik agar bayi tetap nyaman selama di dalam mobil. 

    • Lakukan Istirahat Jika Perjalanan Panjang

    Saat menempuh perjalanan yang panjang bersama bayi, pastikan Anda mengambil waktu untuk beristirahat. Jangan memaksakan diri berkendara terlalu lama padahal Anda sudah merasa lelah. 

    Waktu istirahat ini tidak hanya untuk Anda sebagai pengemudi namun juga untuk menjaga si kecil tetap nyaman. Saat beristirahat, ajak bayi Anda turun agar bisa menghirup udara luar dengan bebas.