Berita

    Tips Merawat Dashboard agar Tetap Bagus dan Awet

    Sebagai pemilik mobil, tentu saja berbagai jenis perawatan perlu diperhatikan, termasuk merawat dashboard mobil. Dengan perawatan yang baik, maka dashboard mobil Anda akan terlihat tetap bagus dan awet.

    Mulai dari membiasakan berbagai hal, hingga melakukan pembersihan rutin, perlu dilakukan supaya dapat menjaga kondisi dashboard. Maka dari itu, pastikan Anda juga melakukan perawatan yang tepat untuk dashboard mobil!

    Tips Merawat Dashboard

    Bagian dashboard mobil seringkali dimanfaatkan untuk meletakkan berbagai jenis barang, misalnya smartphone, makanan, dan berbagai kebutuhan lainnya.

    Meski bisa membantu ketika melakukan perjalanan, namun hal tersebut juga bisa berdampak terhadap kebersihan dashboard. Maka dari itu, penting untuk melakukan berbagai perawatan yang tepat.

    • Tutup Kaca Depan saat Mobil Parkir

    Masuknya berbagai jenis debu ke dalam kabin mobil bisa jadi karena kaca mobil bagian depan tidak ditutup. Jika Anda membuka kaca tersebut, maka ada kemungkinan dashboard semakin mudah terkena debu dari luar.

    Selain itu, cahaya matahari yang menyengat juga bisa lebih mudah untuk masuk ke dalam kabin. Hal ini juga dapat memberikan dampak buruk untuk dashboard, misalnya membuat warnanya memudar.

    Maka dari itu, sebaiknya Anda menutup kaca depan ketika mobil sedang diparkir. Hal ini juga dapat mengurangi risiko kejahatan, misalnya tindakan pencurian.

    • Usahakan untuk Tidak Membuka Kaca ketika Mengemudi

    Selanjutnya, menutup jendela ketika mengemudi juga dapat membuat berbagai kotoran dan debu lebih mudah masuk ke kabin mobil, termasuk menempel di bagian dashboard.

    Jika melaju di kawasan yang penuh dengan polusi, maka risiko tersebut menjadi semakin besar. Maka dari itu, usahakan untuk tidak terlalu sering membuka kaca mobil ketika sedang berkendara.

    iStock
    • Jangan Malas untuk Membersihkan Sisa Makanan

    Bagi sebagian orang, menjadi hal yang biasa untuk membawa makanan ke dalam mobil, mulai dari camilan hingga berbagai jenis makanan berat.

    Salah satu tempat strategis yang dapat digunakan untuk meletakkan makanan yaitu dashboard. Maka dari itu, bisa jadi tertinggal berbagai remahan atau bekas makanan di sana.

    Supaya bisa merawat dashboard dengan baik, maka menjadi penting untuk segera membersihkannya setelah makan. Pastikan tidak ada sampah makanan yang tersisa, termasuk tetesan air minum!

    • Lakukan Pembersihan Rutin dengan Alat