Berita

    Aman dalam Perjalanan dengan Cek Sabuk Pengaman Dahulu

    Setiap berkendara, kita pasti diwajibkan untuk mengenakan sabuk pengaman. Bukan hanya bagi pengemudi, tetapi juga penumpang baik bagian depan maupun belakang. Tujuannya, agar berkendara lebih aman dan nyaman. 

    Nah, sudahkah Anda melakukan cek sabuk pengaman secara teratur? Meski terdengar sepele, tetapi pengecekan ini bisa membuat Anda dan penumpang lainnya dalam posisi aman selama perjalanan. 

    Anda pun bisa memastikan jika kondisi seat belt dalam keadaan baik dan bisa melindungi penggunanya ketika terjadi sesuatu yang tidak diinginkan di jalan nanti. 

    Agar tidak salah, mari simak bahasan tentang cara cek sabuk pengaman yang tepat ini. 

            1. Sebelum berangkat, cek dulu kondisi fisik seat belt

    Waktu yang tepat untuk mengecek sabuk pengaman ialah sebelum memulai berkendara. Periksa fisiknya secara teliti untuk memastikan tidak ada yang rusak. 

    Tarik bagian tali beberapa kali untuk memastikan kelenturannya dan tidak ada bagian yang sobek atau terlilit agar pemakai dapat terlindungi dengan baik. 

    Kemudian cek bagian pengait di sisi atas dan bawah. Tancapkan pada tempatnya untuk memastikan jika sabuk pengaman masih berfungsi dengan baik. 

            2. Scanner OBD bisa membantu proses pengecekan sabuk pengaman

    Pada sistem mobil modern, terdapat sensor yang dapat mendeteksi kinerja sabuk pengaman, masih layak pakai atau tidak. Sensor ini dinamakan scanner OBD

    Nyalakan scanner OBD untuk mengetahui apakah seat belt masih berfungsi dan layak dipakai atau ada bagian yang mengalami kerusakan dan harus segera diganti. Nantinya, scanner akan memberikan informasi melalui indikator lampu yang menyala di bagian dashboard

    Karena itulah, sangat penting untuk Anda merawat scanner OBD tetap berfungsi dengan baik, agar perawatan pada bagian sabuk pengaman lebih mudah dan cepat. 

            3. Lakukan tes sederhana untuk mengetahui kelayakannya

    Untuk cek sabuk pengaman, Anda bisa melakukan tes ini untuk mengetahui kelayakannya. 

    Pertama, tarik bagian sabuk pengaman secara cepat dan cek sabuk dalam keadaan tertahan atau justru terlepas begitu saja. Bila tertahan, artinya sabuk masih berfungsi. Bila lepas, berarti ada kerusakan di dalamnya. 

    Jika sudah ada indikasi kerusakan, Anda bisa segera mengganti dengan yang baru agar lebih aman bagi penumpang. Bisa juga membawa dulu ke bengkel untuk mendapatkan penanganan yang lebih baik dari montir-montir ahli. 

    Cara Memakai Sabuk Pengaman yang Tepat dan Benar