Berita

    Cara Mendempul Mobil yang Benar Agar Makin Kinclong

    Memiliki kendaraan memang menjadi hal yang paling diinginkan oleh semua orang. Jadi tak heran jika banyak sekali orang membeli mobil baik itu bekas maupun baru. Memiliki mobil pribadi harus sudah siap dengan resiko seperti timbulnya goresan yang muncul tanpa kita sadari. Hal ini justru membuat kita sebagai pemiliknya merasa terganggu karena tidak nyaman. Sebagai solusinya, kita harus tahu bagaimana caranya mendempul mobil yang benar.  

    Cara mendempul mobil harus dilakukan oleh pihak profesional, untuk menghindari kesalahan dan mendapat hasil maksimal. Namun jika Anda ingin melakukannya sendiri, maka perlu memperhatikan beberapa hal.

    Di bawah ini akan dijelaskan kepada Anda jenis-jenis dempul mobil di pasaran serta bagaimana cara melakukan dempul mobil yang benar.  

    Kenali Jenis Dempul

    Sebelum membahas cara melakukan dempul mobil yang benar, kamu harus mengetahui tentang jenis dari dempul itu sendiri. Dalam hal ini, terdapat 3 macam dempul, yaitu dempul plamir, dempul plastik, dan dempul buatan. Jika masih bingung membedakannya, simak perbedaan ketiga jenis dempul tersebut di bawah ini.  

            1. Dempul Plamir

    Jenis dempul yang pertama yaitu dempul plamir atau disebut dempul epoxy putty. Dempul plamir tahan terhadap karat dan daya rekatnya baik, namun pengeringannya lebih lama.  Bahan utama dempul plamir antara lain amine dan epoxy resin. Penggunaannya biasa dicampur dengan tiner.

            2. Dempul Polyester Putty

    Jenis dempul yang kedua yaitu dempul plastik atau dempul polyester putty. Daya kering dempul plastik lebih cepat. Penggunaannya bisa mencampurkan bahan plastik dengan pasta untuk pengeras (hardener). Gunakan sesuai kebutuhan takaran dan hasilnya akan keras setelah mengering.  

            3. Dempul Lacquer Putty

    Jenis yang terakhir adalah dempul buatan atau dempul lacquer putty. Dempul ini merupakan campuran antara lapisan dasar dan bedak talk. Bahan utamanya adalah acrylic resin dan nitrocellulose. Dempul buatan ini bisa diaplikasikan tipis-tipis di bagian mobil yang tergores.  

    Persiapan Sebelum Proses Pendempulan

    Usai memahami dan memilih salah satu diantara tiga jenis cara dempul mobil diatas, maka selanjutnya mempersiapkan bahannya.  Diantaranya sarung tangan, lap atau kain microfiber, masker, pengeras dempul (biasanya sepaket dengan dempul atau bisa dibeli secara terpisah), kertas amplas besi, dan thinner (untuk mengencerkan campuran zat perekat dan pewarna).