Berita

    Ini Dia Cara Parkir Paralel Kendaraan yang Benar

    Parkir paralel merupakan suatu hal yang susah-susah gampang untuk dilakukan. Dibutuhkan pengetahuan dan pengalaman terlebih dahulu supaya bisa sukses memarkir mobil secara paralel. Nah, bagaimana dengan Anda? Apakah telah mahir melakukan parkir secara paralel?

    Jika belum, maka rajinlah mencari informasi tentang cara parkir satu ini, lalu mempraktekkannya dengan rutin. Artikel ini dapat membantu Anda untuk melakukan parkir secara paralel. Maka dari itu, jangan lewatkan sedikitpun informasi di dalamnya!

    Cara Melakukan Parkir Paralel Mobil dengan Benar

    Kurangnya atau ketidakmampuan penglihatan merupakan salah satu kendala saat memarkir mobil secara paralel. Jadi, area yang dapat dilihat tidak cukup banyak sehingga pengalamanlah yang bisa menentukan kesuksesan dalam parkir mobil paralel dengan rapi. 

    Teruntuk pemula dengan minim pengalaman, memarkir mobil secara paralel bisa terhitung sulit. Namun, giat belajar supaya bisa mahir memarkir sangat dibutuhkan. Di bawah ini adalah sejumlah cara yang bisa Anda pelajari dalam memarkir mobil secara paralel:

    • Memahami Arah Belok

    Kekeliruan yang signifikan ketika memarkir mobil berjajar depan-belakang yakni tidak memahami arah belok. Alhasil, pengemudi salah kaprah dalam membelokkan setir sehingga mobil tidak dapat terparkir atau cuma berputar dalam arah itu-itu saja. 

    Radius putar wajib untuk diketahui pengemudi sebelum melakukan parkir paralel agar saat membelokkan setir tidak mengalami kendala. Tentu sekaligus menjaga jarak dari kendaraan lainnya yang tengah diparkir.

    Apabila Anda membelokkan setir terlebih dahulu, radius putar mobil bisa menjadi lebih singkat. Misalnya saat Anda hendak parkir mobil paralel di kiri jalan, masukkan saja ke persneling R lalu mundurlah dengan pelan.

    Ketika ban mobil depan dalam posisi sejajar dengan bagian bumper belakang kendaraan depan yang terparkir, Anda dapat mengarahkan setir menjadi berlawanan. Kemudian, Anda cukup melakukan penyesuaian jarak kendaraan parkir yang sudah ada.

    • Mengenali Betul Area Parkir

    Cara parkir paralel ini tidak cuma mencari tempat kosong demi menempatkan mobil. Anda juga butuh pemahaman akan area parkiran kosong itu secara cermat. Dengan demikian, Anda telah mengetahui pas tidaknya area itu sebagai parkir mobil.

    Untuk memahami area parkir, Anda cukup memposisikan titik pusat mobil pada tempat parkir tersebut. Titik tersebut merupakan posisi belakang pintu – atau sejajar penyangga asal safety belt.