Berita

    Berwarna Putih? 5 Tips Menjaga Cat Mobil Anda

    Mobil berwarna putih banyak disukai orang karena warnanya terlihat elegan dan simpel namun sayangnya warna ini mudah kotor. Itu sebabnya, Anda perlu mencari tips merawat mobil putih agar warnanya tetap bagus dan mengkilap.

    Mobil berwarna putih memang tampak indah saat dipandang, namun Anda harus siap mengeluarkan ekstra biaya dan tenaga untuk merawat. Jika Anda adalah salah satu pemiliknya, pelajari tips merawat mobil berwarna putih agar tetap mulus dan bersih! 

    5 Tips Merawat Mobil Putih yang Tepat

    Mobil putih membutuhkan perawatan khusus agar kondisi permukaan bodinya tetap bagus. Sebenarnya merawat mobil putih tidak sulit namun butuh ketelatenan dan konsistensi agar permukaan catnya tidak bermasalah.

    Jika ingin mobil tetap bagus seperti baru, maka Anda sebaiknya perlu melakukan langkah-langkah berikut ini:

    • Melindungi Mobil dari Sinar Matahari 

    Sinar ultraviolet dan panas yang dipancarkan matahari ternyata dapat merusak cat mobil sehingga menimbulkan warna kekuningan. 

    Mobil putih yang sering diparkir di luar ruangan warnanya akan lebih mudah menguning jadi pastikan memarkirkan mobil di tempat teduh atau gunakan mantel penutup mobil. 

    Jika memang terpaksa harus parkir di luar ruangan sebaiknya carilah tempat yang rindang agar mobil tidak terpapar sinar matahari secara langsung. 

    • Mencuci Mobil di Tempat Teduh

    Tempat mencuci mobil putih juga tidak boleh sembarang, pilih tempat yang teduh dan jauh dari paparan sinar matahari langsung. Mencuci mobil di bawah terik matahari akan membuat cairan pembersih menyerap ke permukaan cat.

    Jika hal tersebut terjadi secara terus-menerus, maka ia akan membuat bodi mobil berjamur. Itulah alasannya, mengapa Anda harus mencuci mobil di tempat teduh yang bebas dari paparan sinar matahari langsung. 

    • Memakai Cairan Pembersih Khusus Mobil

    Tidak semua cairan pembersih cocok digunakan untuk membersihkan permukaan bodi mobil karena ada kandungan zat kimia yang dapat merusak cat. Agar lebih amannya, coba gunakan cairan pembersih khusus mobil yang beredar di pasaran. 

    membersihkan mobil putihFreepik.com

    Cairan pembersih khusus mobil sudah dirancang untuk membersihkan dan merawat permukaan cat. Sehingga warna mobil terlihat putih bersih dan mulus. 

    • Membilas dengan Cara yang Tepat

    Selain mencuci di tempat teduh dan menggunakan cairan pembersih khusus, tips merawat mobil putih selanjutnya yaitu memahami teknik membilas mobil yang benar.

    Cara membilas yang tepat dimulai dari bagian mobil yang terkena cairan pembersih terlebih dulu sebelum berpindah ke bagian yang belum disabun. Jangan biarkan cairan pembersih terlalu lama di permukaan mobil apalagi sampai mengering, segera bilas dengan satu arah dari bagian atas ke bawah.

    Cara ini bertujuan supaya semua kotoran terangkat dan mencegah munculnya bercak bekas cairan pembersih yang mengering. 

    Setelah selesai membilas semua bagian mobil, langkah selanjutnya adalah pengeringan. Pada proses pengeringan Anda tidak dianjurkan menjemur mobil di bawah sinar matahari.

    Sebaiknya keringkan mobil dengan lap microfiber atau kain berdaya serap tinggi agar tidak menimbulkan bercak bekas tetesan air.  

    • Memoles Cat Mobil secara Berkala

    Membersihkan mobil dengan cara-cara tadi tidak cukup untuk menjaga keindahan bodi dan catnya. Jika ingin permukaan cat tetap mulus Anda perlu melakukan pemolesan secara rutin. 

    Selain membuat cat terlihat halus dan mulus, pemolesan juga berfungsi untuk menghilangkan jamur yang menempel di permukaan bodi mobil. Proses pemolesan bisa dilakukan secara mandiri atau di bengkel resmi.

    Jika dananya terbatas, Anda bisa melakukannya sendiri di rumah, caranya dengan menggosokkan super kompon ke seluruh bodi mobil untuk menghilangkan baret.

    Dalam tips merawat mobil putih ini, Anda bisa menggunakan cairan pembersih khusus mobil untuk membersihkan sisa-sisa minyaknya.

    Langkah selanjutnya, menggosokkan cairan ceramic premium carnauba agar permukaan bodi terlihat mengkilap. Gosokkan cairan tersebut secara merata ke seluruh permukaan mobil dengan kain halus agar tidak menimbulkan baret.

    Jika tidak punya banyak waktu untuk melakukan pemolesan mandiri Anda bisa pergi ke bengkel resmi Suzuki terdekat. Hasil polesan akan jauh lebih bagus karena dikerjakan oleh tenaga ahli profesional.