Berita

    Kenali 5 Tips Manuver Mobil Aman di Jalanan

    Ketika mengendarai mobil, tentu Anda tidak akan terlepas dari yang namanya aktivitas manuver. Manuver mobil dapat diartikan sebagai reaksi pengendara mobil dalam mengendarai mobilnya ketika berada di jalan zig-zag atau menyalip kendaraan lain.

    Namun terkadang, melakukan manuver ketika berkendara jika asal-asalan akan menimbulkan bahaya atau kecelakaan. Maka dari itu, pada artikel di bawah ini, Anda akan dikenali 5 tips manuver mengendarai mobil yang aman di jalanan!

    5 Tips Manuver Mobil Aman Di Jalan

    Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya bahwa arti dari manuver berkendara mobil adalah aktivitas yang tidak dapat dicegah dan pasti selalu terjadi. Bentuk manuver mengendarai mobil dapat bermacam-macam, ada yang zig-zag, menyalip dan sebagainya.

    Berkendara di jalan raya tentu dibutuhkan skill dan tips agar tetap berhati-hati dan tidak berisiko. Maka dari itu, Anda wajib mengikuti 5 tips manuver kendaraan mobil Anda agar aman di bawah ini:

            1. Perhatikan Posisi Duduk

    Ketika berkendara tentu hal pertama yang wajib Anda perhatikan adalah posisi duduk Anda ketika menyetir. Hal ini penting, karena ketika menyetir Anda membutuhkan posisi duduk yang nyaman dan tegap agar Anda juga nyaman dalam berkendara.

    Jika posisi duduk Anda nyaman dan benar, tentu Anda dapat melakukan manuver dengan baik dan fleksibel tanpa harus terganggu dengan posisi duduk. Selain itu, Anda juga dapat lebih fokus dengan jalan raya di depan Anda.

            2. Kuasai Teknik Mengemudi

    Tips penting yang kedua adalah menguasai teknik mengemudi dengan baik dan benar. Teknik mengemudi ini yang menjadi modal utama Anda agar dapat bermanuver dengan baik dan tanpa membahayakan diri Anda serta orang lain.

    Teknik mengemudi ini termasuk penguasaan langkah tepat kapan Anda melakukan salip-menyalip. Lalu, perhitungan jarak antar mobil ketika Anda melakukan zig-zag. Jika Anda tidak menggunakan teknik mengemudi yang baik, maka tingkat risiko kecelakaan akan tinggi.

            3. Kenali Area Track Mobil

    Kenali area track yang Anda lewati dengan mobil Anda, karena ketika Anda melakukan manuver mobil, wajib adanya untuk mengetahui medan jalan raya. Misal, area track mobil yang Anda lewati adalah jalur ramai lancar, maka sebaiknya Anda tidak perlu melakukan manuver berlebihan.

    Mengenal area track ketika bermanuver sangat penting, karena keberhasilan manuver Anda sangat dipengaruhi oleh area track ini. Maka dari itu, sebaiknya Anda mengenal track dulu sebelum memutuskan untuk bermanuver ketika berkendara.