Berita

    Kenali Cara Kerja Overdrive PAda

    Pada dasarnya terdapat perbedaan yang cukup signifikan antara mobil dengan transmisi manual dan juga otomatis (matic). Baik itu dari jumlah pedal dan konsol tengah (tuas pengatur gigi) sama sekali terlihat berbeda, apalagi pada fitur overdrive (O/D).

    Bagi Anda yang belum memahami seperti apa fungsi dari fitur ini pada mobil, maka mari simak informasi berikut ini.

    Asal Mula Fitur Overdrive (O/D) Pada Mobil

    Fitur ini pertama kali digunakan di tahun 1934, dimana yang awalnya hanya digunakan pada transmisi 3 kecepatan dengan sistem yang berbeda.

    Pengemudi dapat melakukan O/D secara manual meskipun kendaraan berada pada gigi 2 atau 3.  Pada sebagian mobil, ketika pedal gas dilepaskan maka secara otomatis membuatnya berada pada posisi gigi. Hal tersebut terus berlangsung hingga di tahun 1980-an.

    Seiring meningkatnya teknologi yang semakin canggih, memberikan beberapa perubahan pada kecepatan kendaraan yang membuatnya jadi lebih aman, efisien serta adanya rasa nyaman.

    Untuk model transmisi modern hanya memiliki sekitar 2 atau lebih gigi pada bagian atas gigi biasanya.

    Fungsi Fitur Overdrive pada Kendaraan Mobil

    Fitur ini kebanyakan hanya ada pada kendaraan beroda empat saja. Dimana fitur ini dibuat demi dapat memberikan efisiensi yang optimal ketika pembakaran bahan bakar saat kendaraan melaju dalam kecepatan yang tinggi.

    Sedikit berbeda dengan ketika Anda menggunakan gigi rendah, rasio gigi pada fitur O/D pun kurang dari 1,0:1, yang berarti bahwa kemungkinan perputaran roda akan jadi lebih banyak seiring dengan perputaran mesin.

    Fitur ini pun memiliki fitur kebalikannya yang dikenal dengan istilah granny gear. Granny gear hanya memberikan torsi pada roda jadi lebih banyak ketika kecepatan kendaraan sangat rendah.

    Fitur ini juga tersedia pada semua jenis kendaraan mobil baik itu dengan transmisi manual maupun otomatis. Hanya saja pada mobil matic dapat berpindah ke gigi O/D mengikuti kebutuhan si pengemudi. Berbeda dengan kendaraan dengan transmisi manual yang masih harus berpindah gigi ke gigi ketika berada di kecepatan tinggi.

    Cara Kerja Over Drive pada Sistem Transmisi Manual dan Otomatis

    Berikut cara kerja over drive di sistem transmisi mobil:

            1. Sistem Transmisi Manual

    Pada mobil yang menggunakan sistem transmisi manual, fitur ini akan memberikan kemungkinan pada mesin agar dapat berjalan atau beroperasi dalam kecepatan rendah ketika mobil sedang bergerak cepat.