Berita

    Penyebab dan Cara Mengatasi Bunyi pada Rem Mobil

    Rem adalah komponen yang penting pada mobil. Tanpa rem, tentu pengemudi akan kesulitan mengontrol laju mobil terutama dalam kecepatan tinggi. Namun terkadang, kita bisa mendengar bunyi rem mobil saat digunakan.

    Lantas apa yang menyebabkan hal tersebut terjadi? Selain itu, bagaimana cara mengatasi bunyi tersebut? Simak ulasan selengkapnya di bawah ini!

    Penyebab Bunyi Rem Mobil

    Ada berbagai hal yang menyebabkan rem mobil berbunyi. Apa saja itu? Berikut beberapa di antaranya:

    • Hujan

    Hujan menjadi alasan paling umum rem berbunyi saat digunakan. Hal ini disebabkan ketika melewati jalanan basah, percikan air akan terkena cakram. 

    Saat melakukan pengereman, cakram yang basah ini akan bergesekan dengan kampas hingga berbunyi.

    • Kampas Kotor

    Selain terkena hujan, penyebab bunyi rem mobil lainnya adalah kotornya kampas rem. Kotoran pada kampas rem tersebut akan menyebabkan bunyi jika ia bergesekan dengan cakram.

    • Menipisnya Kampas Rem

    Kampas rem yang digunakan secara terus menerus akan mengalami aus atau menipis. Hal ini bisa menimbulkan bunyi berdecit saat pengemudi melakukan pengereman karena kampas dan cakram bergesekan dengan terlalu keras.

    • Terkena Oli

    Kebocoran oli adalah hal yang sering terjadi pada mobil. Sayangnya, hal ini bisa berpengaruh terhadap berbagai hal seperti timbulnya bunyi rem mobil. Hal ini disebabkan oli yang bocor tersebut bisa merembet ke kampas rem atau cakram.

    • Rusaknya Piston Rem

    Piston rem juga bisa mengalami kerusakan atau aus. Hal ini membuat pengereman menjadi lebih berat dan timbul bunyi saat melakukannya.

    • Kampas Rem Kurang Berkualitas

    Segala barang yang kurang berkualitas bisa membuat fungsinya tidak maksimal, seperti kampas rem. Hal ini bisa menyebabkan bunyi saat pengemudi melakukan pengereman.

    • Terlalu Lama Menggunakan Rem Tangan

    Rem mobil bisa berkarat. Hal ini disebabkan lamanya penggunaan rem tangan, seperti saat memarkirkan mobil terlalu lama di bawah hujan atau terik matahari. Hal ini bisa membuat rem berbunyi saat mobil dikendarai.

    • Minyak Rem Lama Tidak Diganti

    Minyak rem perlu diganti secara berkala. Biasanya setiap 40 ribu kilometer sekali, minyak rem harus dikuras lalu diganti dengan yang baru. Jika tidak, maka hal tersebut bisa menimbulkan bunyi.