Berita

    Ketahui Tips Menyetir Mobil di Malam Hari

    Menyetir mobil di malam hari butuh konsentrasi yang mendalam. Sebab, lampu jalan di Indonesia masih belum optimal. Sehingga seringkali pandangan terhambat karena cahaya yang minim.

    Belum lagi jika jalanan banyak lubang. Anda harus semakin berhati-hati dalam mengemudikan kendaraan. Supaya tidak terjadi kecelakaan di jalan. 

    Cara Aman Menyetir Mobil di Malam Hari

    Ada beberapa tips yang bisa kamu lakukan saat akan mengemudikan mobil di malam hari. Apa saja ya? Berikut ini selengkapnya.

    • Pastikan Tubuh Sehat

    Sebelum mengemudi, pastikan tubuh Anda dalam kondisi sehat dan juga pria. Sebab saat malam hari, konsentrasi tubuh akan lebih berkurang, setelah banyak melakukan aktivitas pada siang harinya.

    Selain itu, angin malam juga tidak baik untuk tubuh. Sehingga kalau Anda tidak fit, maka udara malam hari dapat mempengaruhi kondisi tubuh.

    Apalagi kalau Anda sedang pusing atau berkunang-kunang. Sudah pasti akan kesulitan untuk konsentrasi dalam menyetir. Terutama di keadaan minim cahaya.

    • Pastikan Lampu Menyala

    Anda harus memastikan lampu mobil menyala dengan baik. Terutama lampu utama yang lampu rendah. Untuk menghindari pengendara lain merasa silau dan malah berdampak pada keselamatan Anda. 

    Anda bisa menggunakan lampu jauh apabila kondisi jalan sangat minim cahaya, dan jarang sekali ada kendaraan lewat. Lampu jauh ini juga bisa Anda gunakan saat akan mendahului kendaraan depan mobil Anda.

    • Tingkatkan Fokus

    Ketika berkendara pada malam hari, usahakan Anda tingkatkan fokus dan tetap waspada. Sebab, jarak pandang Anda akan berkurang ketimbang di siang hari. Maka dari itu, Anda harus lebih berkonsentrasi saat mengemudi.

    Perhatikan betul kondisi jalan seperti kendaraan depan, orang menyebrang dan juga rambu-rambu. Agar perjalanan Anda menjadi lancar.

    • Perhatikan Spion

    Anda juga wajib untuk memperhatikan spion saat menyetir mobil di malam hari. Hal ini untuk mencegah jika ada kendaraan yang akan menyalip namun membahayakan Anda. 

    Selain itu, Anda bisa memperhatikan spion saat sedang berbelok, atau putar balik. Baik itu spion kanan, kiri maupun spion tengah.

    • Pelan-Pelan

    Saat berkendara pada malam hari, sebaiknya kurangi kecepatan kendaraan. Jika biasanya Anda melaju dengan kecepatan 80-100 km/jam, maka bisa dikurangi pada kecepatan 40-60 km/ jam.