Berita

    Perlengkapan Darurat yang Harus Ada di Dalam Mobil

    Ketika sedang berkendara, maka keamanan dan keselamatan harus selalu menjadi hal yang diperhatikan dengan baik. Maka dari itu, ada berbagai jenis perlengkapan atau alat darurat yang harus selalu ada di dalam mobil Anda.

    Apakah Anda sudah mengetahui alat apa saja yang termasuk dalam perlengkapan darurat ini? Mari simak artikel ini hingga tuntas dan pastikan alat tersebut selalu tersedia dan dapat dipakai jika berada dalam keadaan darurat.

    Alat Darurat yang Harus Ada di Mobil

    Setiap pengguna mobil memang sebaiknya selalu bersiap terhadap berbagai jenis kemungkinan yang bisa saja menimpa di tengah perjalanan. Misalnya, ban mobil yang perlu diganti atau dibutuhkan berbagai pengecekan komponen mobil.

    Maka dari itu, sangat penting untuk selalu membawa perlengkapan darurat yang dapat Anda gunakan, berikut adalah daftar perlengkapan dasar yang seharusnya selalu ada di dalam mobil.

    • Ban Cadangan

    Salah satu kondisi yang sering menimpa pengendara mobil yaitu munculnya masalah pada ban mobil, misalnya ban mobil pecah.

    Maka dari itu, pastikan bahwa Anda selalu membawa ban mobil cadangan, sehingga dapat langsung digunakan ketika mobil berada dalam keadaan darurat. Namun, pastikan juga bahwa ban cadangan tersebut berada dalam kondisi prima.

    • Dongkrak

    Jika akan melakukan penggantian ban, tentu saja ada alat darurat yang diperlukan, yaitu dongkrak mobil. Dengan memanfaatkan dongkrak, Anda dapat langsung melakukan penggantian ban mobil jika memang diperlukan.

    Kotak Perkakas atau Tool Kit

    Selanjutnya, ada alat darurat yang seharusnya sudah diketahui oleh setiap pengguna mobil, yaitu kotak perkakas atau tool kit.

    Ini merupakan kotak yang berisi berbagai perkakas dasar yang bisa jadi sangat diperlukan untuk berbagai jenis kondisi darurat. Contoh alat yang umumnya diperlukan dan sebaiknya selalu dibawa yaitu kunci pass, kunci Inggris, senter, obeng, dan pisau serbaguna.

    Akan lebih baik jika pisau serbaguna tersebut memiliki lebih dari 10 komponen, sehingga dapat digunakan untuk beragam fungsi.

    • Segitiga Pengaman

    Apakah Anda sudah tahu tentang segitiga pengaman yang sangat berguna ketika mobil berada dalam keadaan darurat?

    Jika Anda belum tahu, ini merupakan perlengkapan darurat yang dapat digunakan untuk memberi pertanda bahwa mobil Anda sedang mengalami masalah. Biasanya, mobil akan menepi, supaya pengendara dapat melakukan pengecekan atau perbaikan.

     

    segitiga pengaman

    Freepik.com

    Ketika berada dalam kondisi tersebut, pasanglah segitiga pengaman, supaya pengguna jalan lainnya juga tahu bahwa mobil Anda berada dalam kondisi darurat.

    • Alat Pemadam Api Ringan atau APAR

    Ada berbagai jenis kecelakaan yang terkait dengan api atau hal-hal yang memicu terjadinya kebakaran, sehingga alat pemadam api ringan atau APAR menjadi hal yang wajib dibawa ketika berkendara.

    Misalnya, ketika ada kerusakan yang menyebabkan konsleting pada komponen tertentu di dalam mobil.

    Dengan selalu sedia APAR, maka Anda bisa lebih meminimalisir berbagai kemungkinan buruk jika terjadi kondisi darurat.

    Alat ini juga tersedia dalam bentuk tabung yang berukuran cukup kecil dan memang dikhususkan untuk penggunaan pada mobil. dengan begitu, maka alat ini tidak akan memakan banyak tempat di dalam mobil.

    • Alat P3K

    Selanjutnya, ada alat P3K atau Pertolongan Pertama Pada Kecelakaan yang juga harus selalu ada di dalam mobil. Biasanya, alat tersebut disatukan di dalam sebuah kotak yang disebut kotak P3K.

    Isinya yaitu obat-obatan dasar, misalnya plester, perban, kapas, kasa, obat luka, dan sejenisnya.

    Itulah daftar perlengkapan darurat yang sebaiknya Anda miliki dan selalu dibawa ketika bepergian menggunakan kendaraan mobil. Meski sering disepelekan oleh sebagian pengendara, namun ternyata ini merupakan hal penting yang wajib diperhatikan.