Berita

    Tak Perlu ke Bengkel untuk Menghilangkan Baret pada Mobil

    Meski dirawat dengan baik, kemungkinan mobil untuk baret tentu tetaplah besar dan tentu hal tersebut sangatlah mengganggu.

    Baret mobil bisa ditimbulkan oleh banyak hal. Mulai dari gesekan benda yang kasar hingga karena kecelakaan ringan. Mulai dari menabrak semak, menabrak pembatas jalan dan lain sebagainya. Semua itu tentunya menyebabkan mobil mudah lecet.

    Namun untuk baret-baret seperti itu sebenarnya bukanlah hal yang berat. Ini karena baret-baret tersebut bisa dihilangkan dengan beberapa cara. Bahkan baret-baret tersebut bisa dihilangkan sendiri tanpa harus keluar rumah.

    Dan berikut adalah beberapa langkah untuk mengatasi baret pada kendaraan

    Periksa Kondisi Baret Mobil

    Yang harus dilakukan untuk pertama kali adalah memeriksa kondisi goresan pada permukaan eksterior mobil. Pastikan bahwa itu adalah benar goresan dan bukan kotoran yang menempel. Bila benar goresan maka periksa kembali tingkat keparahan dari goresan tersebut. Jika terlihat samar dan tidak ada perbedaan warna yang signifikan dengan cat mobil asli, maka goresan dianggap ‘halus’ atau ‘ringan’, dan cukup mudah dihilangkan.

    Namun bila warna goresan yang sangat kontras seperti warna perak khas logam atau besi, maka goresan tersebut masuk kategori ‘dalam’. Kondisi ini tentu sangat sulit dihilangkan tanpa bantuan teknisi bengkel.

    Baret Mobil Halus

    Baret mobil halus adalah kategori yang paling ringan dan bahkan hampir tidak terlihat mata. Namun, baret tetaplah baret yang akan merusak tampilan kendaraan. Umumnya baret halus disebabkan oleh  keberadaan debu atau pasir yang menempel body mobil itu sendiri. Tidak jarang pemilik mobil lupa dan tidak sengaja mengelap dalam keadaan kering ketika akan mencuci mobil.

    Cegah hal ini terjadi dengan:

    ·         Selalu memperhatikan kain lap yang dipakai dan keadaan body mobil ketika akan mencucinya.

    ·         Jangan gunakan lap kering dan kemoceng untuk membersihkan body mobil yang berdebu.

    ·         Sebelum mencuci, usahakan debu dan pasir yang menempel sudah terbasuh air terlebih dahulu.

    ·         Pakailah spons atau kain lap basah berbahan lembut dan bebas dari debu, pasir, dan semacamnya.

    Baret mobil halus sejatinya masih bisa ditutupi, yaitu dengan cara memolesnya (detailing atau coating) menggunakan scratch remover.

    Baret Mobil Ringan

    Selanjutnya adalah baret mobil ringan yang umumnya disebabkan oleh goresan benda-benda yang sifatnya lebih keras, seperti kerikil, ranting pohon, atau benda lain. Selama masih belum terlalu dalam dan parah, baret mobil masih bisa dihilangkan. Caranya adalah menggunakan compound.