Berita

    Featured Image

    Tips Mengenalkan Mobil kepada Anak

    Anak-anak akan lebih mudah tenang dan merasa nyaman berkendara jika ia mengenal mobil dengan baik. Dalam hal ini Anda bisa menerapkan beberapa tips mengenalkan mobil kepada anak agar mereka tidak rewel saat harus menempuh perjalanan. 

    Memperkenalkan mobil kepada anak adalah hal yang penting untuk dilakukan jika Anda memakai mobil sebagai alat transportasi sehari-hari. Jika anak mengenalnya dengan baik maka ia juga akan merasa nyaman bepergian bersama orang tua. 

    Tips Mengenalkan Mobil kepada Anak

    Banyak anak yang ternyata merasa tidak nyaman berkendara di dalam mobil. Ada yang rewel, ingin cepat turun, bahkan ada yang mudah mabuk ketika harus naik mobil untuk bepergian. 

    Jika Anda ingin membiasakan anak nyaman naik mobil maka penting sekali untuk memperkenalkannya terlebih dahulu. Berikut ini ada beberapa tips yang dapat dilakukan untuk membantu anak lebih mengenal mobil. 

    • Ajak Anak Mengeksplorasi Bagian Mobil

    Tips pertama, Anda bisa mengajak anak untuk mengenal bagian-bagian mobil terlebih dahulu. Mulai saja dengan melihat gambar mobil secara detail, baik bagian dalam maupun luar. 

    Selanjutnya Anda bisa mengajak anak untuk mengeksplorasi bagian-bagian mobil secara langsung. Ajak anak untuk menyentuh bagian luar mobil, belajar membuka pintu, dan masuk ke kabin. 

    Ajak Anak Mengeksplorasi Bagian MobilFreepik.com

    Di dalam mobil, Anda bisa membantu anak untuk mengeksplorasi benda-benda yang ada di sana. Mulai dari kemudi, dashboard, jok mobil, dan masih banyak lagi. Perkenalkan bagian-bagian tersebut agar anak merasa lebih nyaman di sana. 

    • Perkenalkan Anak dengan Berbagai Jenis Mobil

    Tips berikutnya, perkenalkan anak Anda dengan berbagai jenis mobil. Anak sebaiknya tahu bahwa ada banyak tipe mobil yang bisa digunakan. Jadi tidak hanya mobil yang dimiliki oleh orang tuanya saja. 

    Dalam hal ini Anda bisa mengajak anak melihat beragam jenis mobil melalui gambar-gambar. Saat mengetahui bahwa ada banyak jenis mobil di sekitarnya maka anak akan memahami bahwa mobil memang alat transportasi yang wajar digunakan. 

    • Ajak Anak Mencuci Mobil Bersama

    Tips mengenalkan mobil kepada anak berikutnya adalah dengan mengajak anak mencuci mobil bersama. Aktivitas ini mungkin terdengar sederhana padahal sebenarnya akan terasa begitu menyenangkan. 

    Anak pasti akan sangat bersemangat untuk mencuci mobil bersama orang tuanya. Lewat aktivitas ini, Anda bisa membuat anak lebih akrab dengan mobil sehingga nanti lebih terbiasa saat harus berkendara. 

    • Biasakan Anak Duduk dengan Aman

    Penting sekali untuk membiasakan anak duduk dengan aman dan nyaman di dalam mobil. Gunakan car seat pada anak-anak sesuai batas usia yang sudah ditentukan. Jika sudah lepas car seat maka pastikan anak selalu memakai sabuk pengaman. 

    Jika anak sudah terbiasa duduk dengan cara yang aman dan tepat maka ia akan lebih mudah diatur saat berada di dalam mobil. Anak tidak akan bergerak sesuka hati dan tahu bahwa mereka harus duduk tenang saat berkendara. 

    • Ciptakan Suasana Ceria saat Bepergian

    Cobalah untuk menciptakan suasana ceria saat tiba waktunya bepergian bersama anak menggunakan mobil. Ini akan membuat anak mengetahui bahwa momen bepergian naik mobil itu ternyata menyenangkan. 

    Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk menciptakan suasana ceria tersebut. Misalnya saja dengan memutar lagu anak-anak, menyediakan camilan yang mudah dimakan di perjalanan, dan main tebak-tebakan selama berada di mobil.