Berita

    Wajib Tahu! Tips Berkendara di Malam Hari

    Berkendara di malam hari cenderung memiliki berbagai risiko yang lebih besar dibanding ketika siang atau pagi hari. Mulai dari penerangan yang minim, jalanan yang sepi, hingga kondisi tubuh yang kurang prima, bisa meningkatkan berbagi risiko.

    Namun, terkadang perjalanan malam memang tidak bisa dihindar. Dibutuhkan berbagai persiapan dan pengetahuan supaya perjalanan tetap aman.

    Perhatikan Tips Berkendara di Malam Hari Berikut!

    Jika Anda harus melakukan perjalanan malam, maka sebaiknya perhatikan berbagai tips di bawah ini supaya tetap aman.

    • Sebelum Berangkat, Cek Kondisi Lampu

    Tentunya, salah satu risiko dari perjalanan malam yaitu penerangan yang lebih minim. Maka dari itu, Anda perlu memastikan penerangan mobil Anda berada dalam kondisi baik, periksalah berbagai lampu mobil Anda.

    Selain lampu untuk penerangan, periksa juga bagian lampu rem dan lampu sein. Pastikan semua lampu mobil berada dalam kondisi yang baik, karena komponen tersebut sangat penting untuk keselamatan.

    • Pastikan Kondisi Badan sedang Prima

    Selanjutnya, pastikan juga kondisi badan Anda sedang prima. Pastikan juga Anda sudah tidur dengan cukup sehingga siap untuk menempuh perjalanan malam

    • Atur dan Pahami Rute

    Persiapan lainnya yang penting yaitu mengatur dan memahami rute dengan baik. Lalu, perlu Anda pahami juga bawa tidak semua rute memiliki lampu penerangan yang memadai.

    Jika Anda akan melewati rute baru, Anda mungkin belum terlalu paham dimana letak tikungan, tanjakan, lubang, dan sebagainya. Hal tersebut membuat Anda perlu lebih waspada dalam berkendara.

    • Jika Bisa Membawa Teman, Akan Lebih Baik

    Sebaiknya, Anda mengajak teman ketika berkendara di malam hari. Dengan begitu, Anda bisa memiliki teman mengobrol sekaligus mengusir rasa kantuk.

    Jika teman Anda juga bisa menyetir, maka akan lebih baik lagi karena bisa bergantian menyetir jika dibutuhkan.

    • Pahami Pemakaian Headlight atau Lampu Utama

    Lampu utama atau highlight terpasang di bagian depan mobil, terbagi menjadi lampu dekat atau low beams dan lampu jauh atau high beam. Fungsi dari kedua jenis lampu tersebut juga berbeda.

    Ketika melakukan perjalanan malam, maka sebaiknya Anda menggunakan lampu tersebut dengan bijak. Pakailah lampu jauh ketika kondisi jalanan gelap dan sepi, lalu gantilah dengan lampu dekat jika ada kendaraan lain di sekitar.

    • Pastikan Posisi Spion Sudah Tepat