Berita

    Mengenal Waktu yang Tepat untuk Mengganti Kabel Busi

    Busi atau dikenal dengan spark plug adalah komponen yang sangat penting untuk kendaraan mobil. Barang ini berfungsi untuk memberikan percikan api sehingga mesin mobil dapat hidup dan bekerja dengan baik.

    Kondisi spark plug yang sudah usang, bisa membuat pembakaran dalam ruang mesin tidak bekerja secara optimal. Akibatnya, ini bisa membuat sistem mesin mobil tidak bekerja dan menimbulkan masalah.

    Kapan Busi Harus Diganti?

    Perlu diketahui, setiap komponen mobil memiliki batas waktu penggunaan berdasarkan usia maupun masa pakainya. Termasuk bagian spark plug yang harus diganti jika telah memiliki beberapa tanda sebagai berikut ini:

    • Mesin Mobil Sulit Hidup

    Apakah mobil sulit distarter saat akan digunakan? Kondisi ini bisa menandakan spark plug yang bermasalah atau sudah rusak. Kerusakan pada spark plug mobil membuat sistem pengapian menjadi terganggu sehingga harus diatasi segera.

    Hal ini tentunya perlu Anda waspadai  sebelum menimbulkan masalah lainnya yang lebih fatal. Sebaiknya Anda harus segera melakukan perbaikan ke bengkel resmi untuk mengganti komponen spark plug yang baru.

    • Mobil Bergetar saat Posisi Idle

    Terkadang mobil terasa bergetar dan hal tersebut umum terjadi sehingga merupakan hal yang wajar. Namun apabila getaran tersebut dirasakan saat mobil dalam posisi idle, maka Anda perlu mengantisipasinya.

    Hal ini dikarenakan bisa saja terdapat masalah pada spark plug mobil yang membuat putaran mesin bergetar. Maka dari itu perlu dicek terlebih dahulu pada bagian komponen tersebut untuk segera melakukan perbaikan.

    Freepik.com

    • Mobil Tidak Bertenaga

    Tanda spark plug mobil harus diganti selanjutnya adalah mesin yang terasa tidak bertenaga saat digunakan. Hal ini disebabkan proses pembakarannya tidak bekerja dengan optimal sehingga mempengaruhi performa mesin mobil.

    Dampaknya mobil akan terasa lemah saat melakukan akselerasi saat digunakan. Bahkan pedal gasnya juga akan terasa berat meski mobil dalam posisi idle.

    • Kerak yang Menghitam

    Saat mengecek komponen busi, perhatikan apakah terdapat kerak hitam di sekitar permukaannya? Jika iya, ini bisa menunjukkan komponen tersebut sudah tidak berfungsi lagi secara optimal.

    Hal ini bisa terjadi disebabkan spark plug terkena jelaga (residu pembakaran BBM) yang menimbulkan kerak hitam. Kerak ini akan menghalangi elektroda serta ujung insulator dan membuat spark plug kesulitan memercikkan api dalam proses pembakaran.

    Kondisi spark plug yang sudah berkerak hitam, menandakan masalah yang cukup parah sehingga tidak cukup jika hanya dibersihkan. Solusi terbaiknya, tentu Anda harus melakukan penggantian komponen dengan yang baru.

    • Mesin Mobil Brebet

    Mobil yang tersendat-sendat atau kondisi mesin yang brebet, memungkinkan kondisi mobil juga bermasalah. Hal ini karena proses pembakaran pada ruang mesin sedang bekerja tidak optimal.

    Akibatnya hal ini memicu sendatan pada mobil saat akan digas. Dan tentunya, kondisi ini bisa membuat pengguna mobil merasa tidak nyaman sehingga harus melakukan penggantian spark plug baru.

    Itulah beberapa tanda yang harus Anda ketahui kapan waktunya spark plug harus diganti. Jika kondisi di atas sedang Anda alami, maka jangan tunda untuk segera mengganti komponen spark plug yang baru.

    Perlu diingat bahwa setiap komponen mobil memiliki masa usia pakai yang berbeda-beda. Maka hindari memaksakan menggunakan busi yang sudah tidak layak pakai karena bisa mempengaruhi performa mesin mobil Anda.