Berita

    Bisa Jadi Hobi! Tips Fotografi Otomotif

    Bagi Anda yang punya hobi memotret atau fotografi, mungkin saja ada berbagai jenis objek yang menarik untuk difoto. Maka dari itu, berbagai tips fotografi pun bisa menjadi modal Anda untuk belajar dan mencoba memotret.

    Meski belum terlalu sering menjadi bahan perbincangan, namun fotografi otomotif adalah salah satu jenis kegiatan yang cukup menarik, misalnya memotret mobil.

    Namun, tahukah Anda bahwa ada berbagai tips yang dapat dilakukan jika ingin melakukan fotografi yang satu ini? Dalam artikel ini, akan dijelaskan berbagai cara dan tips yang dapat menjadi referensi bagi Anda dalam melakukan fotografi dengan mobil sebagai objeknya.

    Tips Fotografi Otomotif

    Supaya hasil foto menjadi lebih bagus dan menarik, maka berikut adalah berbagai tips  untuk melakukan fotografi yang bisa Anda ketika akan memotret mobil atau kendaraan lainnya.

    • Cari Latar Belakang yang Menarik

    Tips pertama yang bisa Anda lakukan yaitu dengan mempertimbangkan pemilihan latar belakang atau background fotonya. Carilah lokasi terbaik yang sesuai dengan jenis mobil Anda, sehingga tema latar dan mobilnya pun bisa selaras.

    Misalnya, jika mobil Anda memiliki gaya urban, maka akan menarik jika memilih latar berupa perkotaan dengan berbagai suasananya yang padat dan khas.

    Jika ingin terlihat lebih menarik, Anda bisa memilih lokasi yang tamak estetik, misalnya di kawasan taman kota.

    Lalu, contoh lainnya, jika mobil Anda adalah jenis mobil petualang, maka ada baiknya memilih latar belakang foto berupa medan alam bebas yang kental dengan nuansa petualangan.

    Dengan memilih latar yang tepat, maka hasil foto pun akan menjadi jauh lebih menarik, dibandingkan jika mengambil latar secara asal-asalan.

    • Memotret Interior

    Sebenarnya, memotret mobil tidak hanya bisa dilakukan dengan bagian eksteriornya saja, melainkan juga bisa dengan interiornya. Anda bisa saja menampilkan bagian tertentu di dalam mobil, misalnya bagian dashboard atau tempat duduknya.

    Jika ingin menampilkan bagian tertentu dengan lebih jelas, maka Anda bisa mendekatkan fokus kamera ke bagian tersebut.

    • Memotret dari Atas

    Dalam melakukan pemotretan, sebenarnya ada berbagai jenis angle yang bisa dipilih, misalnya dari depan atau samping.

    Namun, ada pula angle yang cukup menarik untuk fotografi mobil, yaitu jika foto diambil dari atas.

    Dengan begitu, maka Anda bisa melihat tampak yang berbeda dari mobil tersebut, jika dibandingkan tampak depan atau samping. Jika angle yang dipilih cukup menarik, maka hasil foto pun akan menjadi semakin unik.

    • Potret Mobil ketika Melaju

    Selanjutnya, ide untuk memotret mobil ketika melaju juga bisa menjadi pertimbangan. Namun, untuk melakukan hal ini, memang diperlukan kamera yang bisa mendukung untuk pengambilan gambarnya.

    Jika Anda bisa memotret mobil melaju dengan unik dan menarik, maka hasil foto tersebut bisa saja membuat banyak orang kagum.

    • Tampilkan Bagian Mobil Terbaik

    Setiap jenis mobil tentunya memiliki ciri khasnya masing-masing, termasuk bagian mana yang menjadi andalannya. Anda bisa memanfaatkan hal tersebut, potretlah bagian menarik dari mobil Anda.

    fotografi mobil

    Misalnya, velg racing hasil modifikasi, lampu mobil yang tampak keren, dan sebagainya.

    • Manfaatkan Filter

    Selain memakai teknik memotret, Anda pun bisa memakai berbagai jenis filter yang dapat mendukung tema foto. Inilah tips fotografi yang belakangan ini cukup populer untuk dipakai, karena semakin banyak jenis filter yang bisa dimanfaatkan.

    Misalnya, jika Anda akan memotret mobil bergaya klasik, Anda bisa saja menambahkan filter hitam putih, sehingga tema klasiknya dapat semakin mencuat.

    Itu tadi berbagai tips jika akan melakukan fotografi mobil. Pada dasarnya, memang ada berbagai faktor yang patut untuk dipertimbangkann dalamn memotret berbagai objek, termasuk mobil.