Berita

    Tips Menjaga Kebersihan dan Kesehatan dalam Mobil

    Mobil adalah menjadi tempat yang rentan terhadap paparan kuman, debu, maupun kotoran lainnya, termasuk di bagian interior. Karena itu, penting untuk selalu menjaga kebersihan mobil agar kesehatan pengemudi dan pengendara tetap terjaga.

    Namun, membersihkan bagian dalam mobil tidak semudah membersihkan bagian eksterior. Diperlukan perawatan khusus karena komponennya pun berbeda. Jadi, ketahui berbagai tips menjaga kebersihan interior mobil pada artikel berikut.

    Tips Menjaga Kebersihan Mobil Bagian Dalam (Interior)

    Bagi sebagian orang, membersihkan bagian dalam mobil lebih sulit karena terdapat beberapa komponen seperti jok, lantai, dashboard, kaca mobil, langit-langit, dan lain sebagainya. Untuk mempermudah, simak tips lengkap untuk menjaga kebersihannya berikut ini.

    • Gunakan Penutup Jok

    Penutup jok dapat membantu melindungi jok mobil Anda dari noda, kotoran, dan bahkan kerusakan akibat penggunaan. Selain itu, penutup jok juga lebih mudah dibersihkan dibanding jok itu sendiri.

    Apalagi, saat ini sudah banyak penutup jok dengan desain yang beraneka ragam, sehingga dapat memberikan tampilan yang lebih menarik secara estetika bagi interior mobil Anda.

    • Gunakan Karpet Mobil Anti Air di Musim Hujan

    Saat musim hujan tiba, karpet mobil akan lebih mudah kotor akibat lumpur dan cipratan air hujan. Karena itu, sebaiknya gunakan karpet mobil berbahan anti air saat musim hujan tiba untuk mencegah genangan air dan agar lebih mudah dibersihkan.

    • Rutin Membersihkan Lantai dan Jok

    Membersihkan lantai dan jok mobil secara rutin merupakan langkah penting untuk menjaga kebersihan mobil. Cara pertama, Anda bisa menggunakan sapu untuk menghilangkan debu berukuran besar dan kotoran lain hingga ke sudut-sudut tertentu.

    Namun untuk debu-debu halus yang sulit dijangkau, maka solusinya adalah menggunakan penyedot debu atau vakum khusus mobil. Bila ada kotoran yang sulit hilang, gunakan cairan pembersih khusus sesuai jenis bahan jok Anda.

    • Rutin Membersihkan Kaca Mobil

    Untuk membersihkan kaca, Anda bisa menggunakan kain lembut atau kain mikrofiber agar tidak meninggalkan goresan pada kaca. Sebab kaca yang kotor, berdebu, atau berjamur bisa mengurangi visibilitas pengemudi.

    • Rutin Membersihkan Bagian Dashboard

    Dashboard yang kotor dan berdebu dapat mengganggu tampilan interior mobil, bahkan bisa membuat tombol-tombolnya menjadi macet. Karena itu, bersihkan secara rutin menggunakan kain lap yang lembut dan kuas yang halus.

    • Sediakan Tempat Sampah Dalam Mobil