Berita

    Hemat Biaya! Tips Perawatan Mobil yang Efektif

    Berbagai macam upaya yang dilakukan demi menghemat biaya perawatan mobil. Mulai dari membeli bahan bakar dengan kadar oktan di bawah ketentuan pabrik hingga sengaja mengganti oli melebihi batas waktu yang telah ditentukan. 

    Kenyataannya, cara-cara tersebut justru memperparah kondisi mesin sehingga biaya perawatan pun menjadi semakin meningkat. Lalu, perlakuan seperti apa yang bisa menghemat biaya perawatan untuk mobil? Berikut informasinya! 

    Cara Efektif Menghemat Biaya Perawatan Mobil

    Baik mobil baru maupun mobil bekas, keduanya sama-sama membutuhkan perawatan secara berkala agar performanya tetap prima. 

    Dengan cara ini biaya yang harus dikeluarkan akan terasa lebih ringan dibandingkan melakukan servis atau penggantian part hanya pada saat terjadi kerusakan saja. 

    Dirangkum dari berbagai sumber, berikut merupakan cara-cara yang efektif untuk menghemat biaya perawatan pada mobil:

    • Memilih Bahan Bakar 

    Salah satu hal yang membuat kondisi mobil tetap prima adalah pemilihan bahan bakar yang tepat. Sangat dianjurkan untuk mengisi kendaraan Anda dengan bahan bakar dengan kadar oktan sesuai anjuran pabrik. 

    Sebab, menggunakan bahan bakar beroktan rendah akan memengaruhi kinerja mesin mobil. 

    • Menggunakan Suku Cadang Resmi

    Menghemat biaya perawatan mobil bukan berarti membeli suku cadang yang tidak resmi saat ada komponen mobil yang rusak. Justru dengan membeli suku cadang resmi menjadi solusi tepat dalam menghemat anggaran Anda. 

    Pexels

    Walaupun dari segi harga jauh lebih mahal dibandingkan dengan suku cadang asli. Namun, dari segi kualitas suku cadang resmi jauh lebih unggul dan tahan lama. 

    Sedangkan suku cadang yang tidak resmi mudah rusak dan berpotensi merusak suku cadang lainnya.  

    • Mengecek Kondisi Ban

    Walau terkesan sepele, namun mengecek secara berkala kondisi ban juga termasuk solusi dalam menghemat anggaran untuk perawatan mobil. Sebab, kondisi ban yang terjaga akan membuatnya lebih awet sehingga bisa menghemat biaya perbaikan. 

    • Melakukan Service secara Berkala

    Sebagian pemilik kendaraan menganggap tidak perlu melakukan servis rutin karena akan membuat biaya menjadi membengkak. Padahal, servis rutin tersebut justru akan lebih menghemat biaya perawatan mobil.