Berita

    Ini Dia Tugas dan Fungsi Odometer

    Ada beberapa komponen mobil yang tampak sepele padahal memiliki fungsi yang penting. Sebut saja salah satunya yaitu fungsi odometer yang biasa digunakan sebagai petunjuk dari jarak tempuh kendaraan selama Anda menggunakannya.

    Komponen ini terdapat di bagian dashboard, tepatnya berada di depan setir. Odometer juga merupakan salah satu indikator penting di dalam mobil.

    Fungsi Odometer

    Dalam dunia otomotif, khususnya mobil, komponen yang berada di dashboard ini tergolong penting. Bahkan komponen ini bisa dikatakan krusial. Berikut apa saja fungsi-fungsinya.

            1. Acuan untuk Membeli Mobil Bekas

    Saat membeli mobil yang bekas, fungsi odometer bisa Anda manfaatkan untuk mengetahui kondisinya. Komponen ini merupakan indikator yang berfungsi untuk menunjukkan total jarak tempuh yang sudah dilalui mobil tersebut.

    Jarak tempuh yang ada pada odometer bisa Anda jadikan sebagai acuan untuk menilai kualitas mesinnya. Pasalnya semakin tinggi angkanya, maka kisaran harganya bisa lebih murah meskipun dari segi tahun masih tidak terlalu lama.

    Meski begitu, odometer bukanlah acuan utama atau tunggal. Anda tetap harus memeriksa kondisi mesin untuk lebih detailnya.

            2. Sebagai Indikator untuk Melakukan Service Rutinan

    Angka pada odometer bisa Anda gunakan juga sebagai acuan untuk melakukan service rutinan di bengkel resmi. Anda bisa mengetahui kapan tepatnya harus segera membawa mobil kesayangan ke bengkel resmi untuk diservis.

    Setiap jenis mobil memiliki aturan sendiri terkait berapa kilometer sekali kendaraan harus diservis. Untuk mengetahui kapan waktu yang tepat, silahkan Anda cek odometer kemudian sesuaikan dengan jarak tempuh rekomendasi pabrikan mobil. 

    Umumnya jarak mobil 10.000 km dan setiap kelipatannya harus segera diservis. Silahkan Anda cek selalu odometer untuk mengetahuinya dan lakukan servis secara berkala.

    Sistem dan Cara Kerja Odometer

    Semua mobil memiliki panel indikator pada dashboard yang tempatnya tepat di depan setir. Di dalamnya termasuk komponen odometer yang berfungsi sebagai pengukur jarak dalam satuan kilometer (km).

    Jenis komponen ini kini terbagi ke dalam dua jenis yaitu monolog dan digital. Adapun fungsinya masih tetap sama hanya saja tampilan dan juga cara kerja atau sistemnya saja yang berbeda.