Berita

    Featured Image

    Merdeka! Ini Tips Liburan Keluarga di Hari Kemerdekaan

    Sedang mencari tips liburan seru di perayaan HUT RI? Anda datang ke tempat yang tempat karena artikel kali ini akan membahasnya seputar persiapan liburan keluarga di Hari Kemerdekaan untuk menikmati suasana penuh makna dan keceriaan. 

    Perayaan hari jadi Republik Indonesia menjadi momen yang paling ditunggu-tunggu masyarakat. Selain karena menjadi hari libur nasional, 17 Agustus juga menjadi salah satu hari paling meriah sepanjang tahun. 

    Tips Liburan Seru di Hari Kemerdekaan Indonesia

    Ada banyak hal yang bisa dilakukan untuk mengisi hari libur HUT RI bersama keluarga tercinta. Berikut beberapa tips menikmati liburan keluarga di Hari Jadi Republik Indonesia.

    • Jaga Kondisi Tubuh

    Tubuh harus dalam kondisi prima agar nanti Anda bisa melakukan kegiatan-kegiatan seru bersama keluarga. Pastikan seluruh anggota keluarga dalam kondisi prima sebelum memulai petualangan bersama.

    Persiapkan dari jauh-jauh hari untuk menjaga pola makan dan pola tidur agar tubuh tidak drop saat hari H. Bila perlu, konsumsi suplemen vitamin untuk menjaga daya tahan tubuh agar tidak mudah sakit.

    • Sempatkan Diri Ikut Upacara Bendera

    Awali hari bahagia ini dengan mengucapkan syukur dan rasa terima kasih atas pengorbanan para pahlawan yang dulu memperjuangkan Kemerdekaan Indonesia. 

    Mengikuti upacara bendera bersama keluarga bisa menjadi salah satu wujud penghormatan atas perjuangan para pahlawan jaman dulu.

    Dengan mengajak keluarga mengikuti upacara bendera, Anda dapat menanamkan rasa nasionalisme pada anak-anak. Tidak hanya itu, dengan mengikuti upacara bendera anak-anak bisa belajar tentang disiplin dan rasa tanggung jawab. 

    • Turut Meramaikan Lomba 17-an

    Setiap tanggal 17 Agustus, berbagai daerah di Indonesia pasti mengadakan lomba untuk memeriahkan HUT RI. Sebelum berangkat jalan-jalan/berwisata, ada baiknya Anda dan keluarga mengikuti perlombaan tersebut.

    Perlombaan yang sering diadakan di acara 17-an di antaranya yaitu balap karung, panjat pinang, lomba makan kerupuk, tarik tambang, dan masih banyak lagi. Meski hadiahnya tidak seberapa, ada banyak hal yang bisa didapatkan.

    Selain menikmati kemeriahan, melalui acara perlombaan ini setiap orang dapat menjalin interaksi/hubungan yang lebih erat. 

    Dengan begitu, akan timbul rasa kebersamaan yang kuat dan membuat seseorang sadar bahwa mereka memiliki orang-orang yang peduli di sekelilingnya. 

    • Berkeliling Kota ke Tempat-Tempat Bersejarah

    Tips liburan di Hari Kemerdekaan selanjutnya yaitu menyusuri kota dan mengunjungi tempat-tempat yang memiliki nilai sejarah. 

    Hampir setiap kota di Indonesia memiliki sejarah kemerdekaan yang berkaitan dengan pemerintah kolonial Belanda.

    Mengunjungi tempat-tempat bersejarah bersama keluarga dapat memupuk rasa empati anak-anak terhadap perjuangan para tokoh pejuang kemerdekaan kala itu. 

    Sebelum berangkat berkeliling, pastikan mobil Anda dalam kondisi prima. Bila perlu, lakukan servis dari jauh-jauh hari di bengkel resmi Suzuki. 

    • Mengunjungi Museum

    Agar tidak terjebak antrean panjang, sebaiknya belilah tiket sebelum berangkat ke tempat museum. Saat mendekati HUT RI, biasanya banyak promo tiket tempat wisata termasuk museum di platform pemesanan tiket digital.

    Manfaatkan kesempatan tersebut untuk menghemat pengeluaran liburan agar tidak mengganggu kas bulanan. Mengunjungi museum bersama anak-anak menjadi kegiatan seru dan penuh makna. 

    Anda dan keluarga dapat merasakan perjuangan perang dengan melihat barang-barang bersejarah peninggalan tokoh-tokoh pahlawan kemerdekaan.

    Anda juga bisa memperkenalkan alat-alat perang dan kendaraan yang digunakan para pejuang untuk merebut kemerdekaan. 

    Semoga tips liburan tersebut bisa membantu Anda menciptakan momen penuh keceriaan bersama keluarga di Hari Kemerdekaan.