Berita

    Ketahui Manfaat Dari Tune Up Pada Mobil Anda

    Agar tetap memiliki performa yang baik, setiap kendaraan harus dilakukan tune up secara berkala. Tune up adalah suatu upaya yang dapat mengoptimalkan performa kendaraan agar tetap nyaman pada saat digunakan.

    Selain tune up mobil, pemilik motor juga wajib untuk melakukannya. Namun perlu Anda ketahui, bahwa tune up ternyata berbeda dengan servis, jadi ketahui terlebih dahulu apa perbedaannya dan apa saja manfaatnya.

    Penjelasan Tentang Tune up dan Service Kendaraan

    Perlu Anda ketahui, tune up motor maupun mobil merupakan proses pengembalian performa kendaraan. Proses tersebut juga merupakan sebuah kegiatan untuk merawat mobil maupun motor.

    Pada dasarnya servis juga sama fungsinya yaitu untuk merawat kendaraan. Namun ada perbedaan cara kerja antara tune up dengan servis. Berikut sudah kami rangkum penjelasannya.

    Apa Itu Tune Up Kendaraan?

    Tune up adalah langkah untuk menyetel ulang komponen kendaraan. Atau sederhananya untuk mengatur kembali performa kendaraan. Proses penyetelan ulang ini sangat penting terutama jika kendaraan sudah dipakai dalam jangka waktu yang lama.

    Fungsi dari tune up mobil maupun motor yaitu untuk membuat kinerja mesin bisa kembali layaknya baru. Selain itu, juga bermanfaat agar performa mesin menjadi lebih maksimal.

    Proses tune up juga dapat mendukung kenyamanan para pemilik kendaraan. Pasalnya, proses ini bisa menjaga mesin agar tetap awet dan tahan lama.

    Apa Itu Service Kendaraan?

    Service kendaraan adalah kegiatan perawatan rutin yang terjadwal. Bengkel biasanya memberikan rekomendasi kepada para pemilik kendaraan untuk melakukan servis bulanan secara berkala.

    Namun berbeda dengan tune up, servis adalah perawatan yang tergolong ringan. Adapun perawatannya hanya sekedar mengganti oli, membersihkan bagian dalam mesin kendaraan dan mengecek komponen kendaraan. Sedangkan tune up adalah proses perawatan secara menyeluruh.

    Perbedaan Tune Up dan Servis Kendaraan

    Ada dua poin yang membedakan antara tune up dengan servis. Berikut sudah kami rangkum apa saja perbedaan-perbedaannya.

    1.  Waktu  

    Servis biasanya dilakukan jika kendaraan sudah mencapai jarak 1.000 km. Setelah itu dilakukan kembali saat kendaraan mencapai 3.000 km, 5.000 km, dan seterusnya per 2.000 km. Sedangkan tune up dilakukan satu tahun sekali atau saat kendaraan sudah dirasa tidak nyaman.