Berita

    Mengenal Peredam Suara Mobil dan Fungsinya

    Belum banyak yang tahu, bahwa peredam suara mobil merupakan salah satu komponen yang sangat penting untuk meningkatkan kenyamanan pada kendaraan. 

    Dengan menggunakan peredam suara, suasana kabin dalam mobil tentu akan lebih nyaman dan tidak terganggu dari suara bising di luar.

    Bagi Anda yang masih awam dengan komponen satu ini, penting untuk mengenali apa itu peredam suara dan fungsinya untuk mobil. Hal ini sangat berpengaruh untuk kemanfaatan dalam berkendara sehari-hari.

    Apa Itu Peredam Suara Mobil?

    Sesuai dengan namanya, benda satu ini terdapat dalam bagian komponen mobil yang bekerja untuk meredam atau mengurangi suara kebisingan di sekitar. Sehingga, bagian dalam pada kendaraan akan menjadi lebih senyap dan tidak mengganggu karena bisingnya suara dari luar. 

    Fungsi Peredam Suara Mobil

    Peredam mobil memiliki fungsi utama yang dapat membuat penggunanya nyaman dalam perjalanan. Fungsinya yaitu sebagai berikut:

    • Meredam Bising

    Sesuai dengan namanya, fungsi utama dari komponen ini adalah untuk meredam suara bising dari luar mobil. Peredam suara ini biasanya dipasang di sejumlah titik seperti spakbor, pintu, dan plafon mobil.

    Dengan pemasangan di titik-titik tertentu, ini dapat meningkatkan kesenyapan pada ruang mobil. Sehingga kabin terbebas dari suara luar mobil seperti gesekan bank, hujan, dan lain-lain.

    • Menahan Panas

    Peredam ini tidak hanya berfungsi untuk meredam suara saja. Di sejumlah titik mobil peredam dipasang untuk menahan panas yang masuk dari mesin atau paparan sinar matahari.

    Biasanya peredam panas ini dipasang pada lantai, selang AC, kap mesin, dan plafon mobil. Itu berarti peredam dapat menjaga kestabilan suhu di dalam ruang kabin.

    Kelebihan Menggunakan Peredam Suara pada Mobil

    Penggunaan peredam suara kendaraan dapat membawa keuntungan bagi penggunanya. Hal ini dikarenakan komponen tersebut mempunyai sejumlah kelebihan sebagai berikut.

    • Suara Audio Lebih Jelas

    Keuntungan pertama, suara audio yang ada di dalam mobil akan terdengar lebih jelas dan enang didengar oleh telinga. Suara audio ini biasanya didapatkan saat menyalakan radio atau musik yang ada dalam mobil.

    Penumpang tentunya bisa menikmati perjalanan sambil mendengarkan musik dengan nyaman. Karena kualitas audio yang ditampilkan sangat jelas dan dapat diatur besar volumenya tanpa harus terganggu dari kebisingan luar.

    • Meningkatkan Kenyamanan Perjalanan

    Dengan memasang peredam suara, ini juga dapat membuat perjalanan terasa nyaman meski dalam waktu yang lama. Hal ini dikarenakan pengemudi bisa lebih fokus memperhatikan jalan di sekitar tanpa harus terganggu dari suara bising di sekitar.

    Kenyamanan PerjalananPexels.com

    Mengingat mesin mobil sendiri juga bisa menghasilkan suara yang bising saat dinyalakan. Itu sebabnya mengapa memasang peredam ini sangat penting untuk kenyamanan pengemudi.

    • Meminimalisir Suara Asing

    Saat mobil jalan, gesekan antara aspal dan ban bisa saja terdengar yang mengganggu kenyamanan perjalanan. Maka dari itu, peredam suara sangat berguna untuk meminimalisir kebisingan suara tersebut.

    Suara asing lainnya seperti hujan juga sebenarnya dapat dikurangi dengan adanya peredam ini. Sehingga bagi pengendara yang sedang mengemudi saat musim hujan juga tidak akan terganggu meski sedang hujan deras.

    Itu dia pembahasan mengenai apa itu peredam suara mobil yang berguna untuk mengurangi kebisingan di sekitar mobil. Dengan adanya komponen ini, pengemudi tentu bisa menikmati perjalanan yang nyaman dan tenang sepanjang jalan.